Ketentuan Kegiatan Layanan Pembayaran MERCHANT LinkAja (selanjutnya disebut “Ketentuan”) ini dibuat dan diadakan pada waktu sebagaimana disebutkan di Formulir Aplikasi Merchant yang merupakan satu kesatuan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan ini

DEFINISI

Kecuali  secara  tegas  ditentukan   lain  dalam  hubungan  kalimat  di  dalam  Ketentuan  ini,  istilah-istilah   yang digunakan dalam Ketentuan ini mempunyai arti sebagai berikut:

(1)   “Electronic Data  Capture  (EDC)” adalah  terminal  atau  peralatan  khusus  yang  umumnya  digunakan  di MERCHANT yang  berfungsi  untuk  membaca  dan  memproses  data  elektronis  dari  LinkAja,  melakukan autorisasi dan validasi transaksi pembayaran.

(2)    “Fasilitas” adalah  alat  atau  teknologi  yang  disediakan  oleh  FINARYA yang  berguna  untuk  melakukan transaski menggunakan LinkAja seperti namun tidak terbatas pada EDC, LinkAja QR, NFC dan fasilitas lain yang berkembang dari waktu ke waktu.

(3)    “Fee” adalah nilai nominal yang harus dibayarkan oleh MERCHANT ke FINARYA setiap menerima Transaksi dengan menggunakan layanan  LinkAja, baik dengan skema MDR atau lainnya yang disepakati.

(4)    “Formulir Aplikasi MERCHANT” adalah formulir berisi data diri MERCHANT dan kesepakatan persetujuan terkait kerjasama Kegiatan ini dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Ketentuan.

(5)  “Host” adalah pusat komputer yang berfungsi untuk menerima dan memproses Transaksi baik milik FINARYA maupun MERCHANT.

(6)   “Laporan” adalah  Informasi yang dapat berupa data-data  dan bukti tertulis lainnya yang diberikan terkait dengan pelaksanaan transaksi pembayaran pada MERCHANT menggunakan layanan LinkAja untuk 1 (satu) bulan kalender.

(7)   “MERCHANT Discount Rate (MDR)” adalah nominal yang dibayarkan MERCHANT kepada FINARYA untuk setiap transaksi berhasil yang menjadi komponen dari Fee.

(8)   “Pedagang (selanjutnya disebut “MERCHANT)” adalah penjual barang, dan/atau jasa atau penerbit tagihan yang menerima transaksi pembayaran dari Pengguna. MERCHANT adalah pihak dengan nama dan alamat sebagaimana disebutkan pada Formulir Aplikasi MERCHANT.

(9)    “Pengguna” adalah  individu   yang  menggunakan   LinkAja  dan  hendak  melakukan  Transaksi  dengan MERCHANT.

(10) “Kegiatan” adalah pelaksanaan penerimaan pembayaran produk, jasa, atau tagihan di MERCHANT melalui layanan LinkAja.

(11) “Ketentuan Kerjasama Kegiatan Layanan Pembayaran MERCHANT LinkAja (Ketentuan)” adalah dokumen perikatan syarat dan ketentuan antara FINARYA dan MERCHANT atas pelaksanaan Kegiatan yang terdiri dari Formulir Aplikasi MERCHANT dan Ketentuan kerjasama ini yang seluruhnya merupakan satu kesatuan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

(12)  “Produk MERCHANT” adalah produk  atau jasa atau tagihan yang dimiliki  oleh MERCHANT untuk dapat dibayarkan oleh Pengguna melalui layanan LinkAja milik FINARYA.

(13) ”Rekonsiliasi” adalah proses penyesuaian Laporan yang dimiliki oleh Para Pihak berdasarkan bentuk dan mekanisme yang telah disepakati.

(14)  “Transaksi” adalah  proses  penerimaan  pembayaran/pembelian yang  dilakukan  oleh  Pengguna  melalui layanan LinkAja di Fasilitas yang dikelola oleh MERCHANT.

(15)  “Transaksi Berhasil” adalah  Transaksi  yang  dinyatakan  disetujui  oleh  FINARYA dalam    pelaksanakan pembayaran di MERCHANT menggunakan layanan LinkAja.

(16)  “FINARYA” adalah PT Fintek Karya Nusantara, suatu perseroan terbatas  yang didirikan  menurut  hukum Negara Republik  Indonesia,  yang berkedudukan  di Komplek  Telkom Landmark  Tower I, FINARYA Smart Office, Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta 12710, Indonesia.

(17)  ”LinkAja” adalah layanan uang elektronik  yang diselenggarakan  oleh FINARYA yang telah terdaftar  dan diawasi oleh Bank Indonesia, memiliki fungsi yang sama dengan uang tunai sebagai alat pembayaran sah, dimana  nilainya  setara  dengan  nilai  uang  tunai  yang  disetorkan  terlebih  dahulu  ke  rekening  LinkAja Pengguna, tercatat  secara elektronik  di dalam server milik FINARYA, digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang selain FINARYA, dan uang yang disetorkan bukan bersifat simpanan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perbankan.

(18)  “Para Pihak” adalah FINARYA dan MERCHANT secara bersama-sama

(19)  “Tindakan Yang Merugikan” adalah  tindakan  MERCHANT, karyawannya,  atau pihak  yang bekerjasama dengannya yang merugikan FINARYA atau Pengguna, antara lain namun tidak terbatas pada bekerja sama dengan pelaku kejahatan (fraudster), mengenakan biaya tambahan (surcharge) atas pembayaran transaksi pembelanjaan kepada Pengguna, dan/atau penyalahgunaan data dan/atau informasi Pengguna

KEPATUHAN KEPADA KETENTUAN

(1)   MERCHANT dengan ini menyatakan persetujuannya untuk melakukan Kegiatan, dan MERCHANT dengan ini menyatakan tunduk sepenuhnya pada Ketentuan ini.

(2)    Dalam  pelaksanaan  Kegiatan  sebagaimana   tersebut   dalam  butir   (1)  bagian  “KEPATUHAN  KEPADA KETENTUAN” ini, FINARYA akan bertindak sebagai penerbit uang elektronik LinkAja, dan MERCHANT akan bertindak sebagai penyedia dan penanggung jawab produk, jasa, dan tagihan yang disediakan MERCHANT.

(3)   Sebagai pelaksanaan atas ketentuan sebagaimana dimaksud dalam butir (2) bagian “KEPATUHAN KEPADA KETENTUAN” ini, maka masing-masing  Pihak akan mematuhi syarat dan ketentuan dalam Ketentuan pada umumnya,  dan  secara  khusus  yang  terdapat   dalam  Bagian  Kedua  Ketentuan  mengenai  syarat  dan ketentuan MERCHANT.

(4)    Apabila  terdapat  pengembangan  fungsi  produk  layanan LinkAja, akan diberitahukan  secara tertulis  oleh FINARYA kepada MERCHANT dalam bentuk dan melalui sarana apapun (termasuk secara elektronik).

(5)    Pemberitahuan   secara  tertulis  sebagaimana  dimaksud   pada  butir  (4) bagian  “KEPATUHAN  KEPADA KETENTUAN” ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan ini.

(6)    Ketentuan ini terdiri dari Bagian dan Lampiran yang merupakan satu kesatuan dan tidak terpisahkan  dari Ketentuan, yang terdiri dari :

Bagian Pertama  : SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

Bagian Kedua     : SYARAT DAN KETENTUAN MERCHANT

LAMPIRAN 1       :  SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA) DAN STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP) KEGIATAN

LAMPIRAN 2      : COMPLAIN HANDLING PROCEDURE (CHP)

JANGKA WAKTU KEGIATAN

Ketentuan   ini  berlaku   untuk   Jangka   Waktu   Kegiatan   sebagaimana   ditetapkan   dalam   Formulir  Aplikasi MERCHANT dan mulai berlaku efektif terhitung sejak tanggal diberikannya persetujuan oleh FINARYA.

PAJAK – PAJAK

Para Pihak  akan  bertanggung  jawab  untuk  pembayaran  pajak  masing-masing  dan/atau  untuk  persyaratan administratif  yang berkaitan  dengan pajak tersebut,  yang merupakan  kewajibannya,  dengan tepat  waktu  dan sesuai dengan ketentuan perpajakan  yang berlaku. Para Pihak akan saling menyediakan dokumen perpajakan yang dibutuhkan  untuk memenuhi kewajibannya.

BIAYA, TATA CARA PEMBAYARAN DAN SANKSI

(1) FINARYA akan memotong langsung hak FINARYA dari nilai transaksi yang terjadi menggunakan LinkAja.

(2) FINARYA akan membayarkan hak MERCHANT selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja efektif setelah dikurangi

Biaya Transaksi ke rekening MERCHANT sebagaimana tertuang dalam Formulir Aplikasi MERCHANT.

(3) Atas alasan dan dasar apapun, MERCHANT dan FINARYA sepakat untuk tidak mengenakan biaya tambahan apapun  dan dalam bentuk  apapun  kepada  pengguna  LinkAja, selain biaya sebagaimana  dirincikan  dalam Formulir Aplikasi MERCHANT dan Ketentuan ini. Pelanggaran terhadap ketentuan bagian “BIAYA, TATA CARA PEMBAYARAN DAN SANKSI” ini dapat  mengakibatkan  diakhirinya  Ketentuan  sebagaimana  diatur  dalam bagian “PENGAKHIRAN”.

(4) Biaya transaksi dalam Ketentuan ini sudah termasuk PPN sesuai ketentuan pajak yang berlaku.

LAPORAN, REKONSILIASI DAN EVALUASI

(1) MERCHANT sepakat bahwa pembayaran dan Laporan transaksi LinkAja akan didasarkan pada data Transaksi Berhasil setiap bulan yang dimiliki oleh FINARYA.

(2) MERCHANT dapat memantau Transaksi Berhasil melalui sistem LinkAja yang disediakan.

(3) Apabila terdapat perbedaan Laporan diantara Para Pihak, MERCHANT wajib melaporkannya kepada FINARYA dan  Para  Pihak  sepakat  akan  mengadakan  Rekonsiliasi  selambat-lambatnya    5  (lima) hari  kerja  sejak ditemukan perbedaan Laporan sebagai upaya penyelesaian atas perbedaan dimaksud.

(4) Pelaksanaan  Rekonsiliasi  atas  Laporan  yang  dimiliki  oleh  Para Pihak  akan dilaksanakan  sesuai  dengan kesepakatan Ketentuan ini.

5) Jika dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pelaksanaan Rekonsiliasi tidak tercapai kesepakatan diantara Para Pihak, maka untuk selanjutnya Para Pihak sepakat menggunakan data Laporan FINARYA sebagai pembayaran terlebih dahulu, dimana sisa pembayaran atas periode bulan tersebut akan dilaksanakan dalam jangka waktu

5  (lima)  hari  kerja  setelah    Berita  Acara  Rekonsiliasi  disepakati   dan  ditandatangani   oleh  Para  Pihak. Penggantian   kerugian   akibat   kegagalan   sistem   atau  pembayaran   selisih   hanya  dapat   dilaksanakan berdasarkan Berita Acara Rekonsiliasi yang sah.

(6) Evaluasi. Para Pihak sepakat untuk sewaktu-waktu melakukan proses evaluasi dalam Jangka Waktu Kegiatan.

Hasil evaluasi dapat  dijadikan  dasar untuk  pembekuan  atau pengakhiran  Kegiatan  dimana  hasil evaluasi tersebut dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan yang ditandatangani  oleh Para Pihak.

PROMOSI

Para Pihak saling mengizinkan penggunaan nama dan logo untuk keperluan promosi sistem pembayaran LinkAja, dengan  ketentuan   bahwa   biaya  dalam  rangka  promosi   sebagaimana   diatur   dalam  bagian   “PROMOSI” ditanggung oleh masing-masing pihak, kecuali ditentukan lain.

PELAYANAN PENGGUNA

(1)    Setiap pertanyaan dan keluhan MERCHANT atau Pengguna mengenai layanan LinkAja milik FINARYA dapat disampaikan   melalui  saluran  pengaduan   FINARYA  yang  diatur  di  LAMPIRAN  2  Complain   Handling Procedure.

(2)    Penyelesaian pertanyaan dan keluhan Pengguna LinkAja akan diselesaikan oleh FINARYA sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkannya dari waktu ke waktu.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

Para Pihak menyatakan  bahwa masing-masing  dapat  menjalankan Ketentuan  ini dan menjamin  bahwa pihak tersebut akan melindungi pihak lainnya atas kerugian yang diakibatkan oleh dirinya.

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)

Para Pihak akan menghormati dan menjaga HAKI masing-masing  pihak, mencakup, namun tidak terbatas pada, hak cipta,  paten, merek dagang, merek layanan, rahasia dagang, desain industri,  logo, dan hak-hak lain yang serupa sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

INFORMASI RAHASIA

Para Pihak sepakat bahwa informasi yang didapatkan  atau dihasilkan dari pelaksanaan Ketentuan ini merupakan informasi  rahasia  yang  wajib  dijaga  kerahasiaannya  selama  setidaknya  3 tahun  setelah  Ketentuan  berakhir, kecuali jika hal tersebut telah menjadi informasi umum dan/atau diwajibkan untuk diungkapkan oleh pemerintah / peraturan perundangan yang berlaku.

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab Para Pihak berdasarkan Ketentuan ini terbatas pada jumlah Transaksi Berhasil yang dibayarkan selama pelaksanaan Ketentuan  ini, kecuali atas tindakan  yang: bersifat  penipuan,  merupakan  kejahatan yang disengaja, yang menyebabkan cedera fisik, luka badan, hilangnya nyawa orang atau kerugian benda, kesalahan yang disengaja, kelalaian berat, dan pelanggaran atas hak kekayaan intelektual.

INDEMNIFIKASI

MERCHANT bertanggungjawab untuk dan wajib mengganti kerugian, melindungi, serta membebaskan FINARYA, dari dan atas setiap klaim, tuntutan  biaya-biaya,  pembayaran-pembayaran dan pengeluaran-pengeluaran dari pihak ketiga lainnya sehubungan dengan setiap kerugian yang timbul sebagai akibat dari cidera janji MERCHANT berdasarkan Ketentuan ini atau kegagalan menunaikan transaksi yang telah dinyatakan berhasil.

PENGAKHIRAN

(1)   Ketentuan ini akan berakhir jika terdapat kejadian-kejadian  sebagai berikut:

a. Berakhirnya Jangka Waktu Kegiatan.

b. Para Pihak sepakat untuk mengakhiri Ketentuan ini sebelum berakhirnya Jangka Waktu

Kegiatan dengan alasan apapun termasuk karena terjadinya peristiwa force majeure.

b. Terlepas dari ketentuan lainnya, FINARYA dapat melakukan pengakhiran sepihak apabila:

i. MERCHANT melakukan pelanggaran atas Ketentuan ini, atau melakukan Tindakan Yang Merugikan.

ii. MERCHANT atau penanggung jawabnya dinyatakan pailit.

iii. Hasil Evaluasi sebagaimana diatur dalam bagian “LAPORAN, REKONSILIASI DAN EVALUASI” ditetapkan demikian.

(2)    Ketentuan  ini dapat  diakhiri  dengan kesepakatan  tertulis  Para Pihak setiap saat sebelum Jangka Waktu Kegiatan berakhir.

(3)     Apabila pada saat berakhirnya Ketentuan ini masih terdapat  hak dan kewajiban yang belum diselesaikan oleh masing-masing  pihak, maka ketentuan-ketentuan dalam Ketentuan  ini tetap  berlaku  dan mengikat sampai dengan diselesaikannya hak dan kewajiban tersebut oleh masing-masing pihak.

(4)    Dengan tetap  memperhatikan  ketentuan  lain pada bagian “PENGAKHIRAN”  ini, salah satu pihak berhak memutuskan dan mengakhiri Ketentuan ini jika pihak yang lain terbukti tidak memenuhi tanggung jawab dan kewajiban sebagaimana diuraikan dalam Ketentuan ini.

(5)    Para Pihak sepakat  untuk  mengesampingkan  berlakunya  ketentuan  Pasal 1266 KUH Perdata,  sehingga sehingga  pengakhiran  dimaksud  dapat  dilakukan  tanpa  memerlukan  putusan  pengadilan  dan  cukup dilakukan dengan pemberitahuan tertulis dari masing-masing pihak.

(6)    Pengakhiran sebagaimana dimaksud pada Ketentuan ini akan dilakukan dengan mengacu pada ketentuan bagian “PENGAKHIRAN”, “FORCE MAJEURE” dan ketentuan sebagaimana dimaksud pada butir (2) bagian “LAIN-LAIN” Ketentuan ini.

FORCE MAJEURE

(1) Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan ketentuan dari Ketentuan  ini oleh salah satu pihak atau Para Pihak tidak termasuk sebagai pelanggaran atas Ketentuan apabila hal tersebut disebabkan oleh adanya force majeure (keadaan memaksa).

(2) Yang termasuk sebagai force majeure adalah kejadian-kejadian  yang dengan segala daya dan upaya tidak dapat  diduga  dan tidak  dapat  diatasi  oleh pihak   yang mengalaminya,  yakni peristiwa-peristiwa termasuk namun tidak terbatas pada :

i. bencana alam termasuk namun tidak terbatas pada banjir, tanah longsor, gunung meletus, angin topan dan gempa bumi;

ii. terjangkitnya suatu wabah penyakit menular;

iii.  pemberontakan,  huru-hara, kerusuhan, perang;

iv. kebakaran;

v. sabotase;

iv. embargo dan pemogokan umum;

vii. gangguan terhadap jaringan telekomunikasi, baik terestrial maupun ekstra-terestrial (ruas angkasa) karena peristiwa yang terjadi di ruang angkasa termasuk teteapi tidak terbatas pada sun-outage, gerhana matahari, gangguan astronomi maupun meteorit;

viii. kebijakan pemerintah atau instansi yang berwenang yang menghalangi secara langsung untuk terlaksananya Ketentuan ini.

(3) Pihak  yang  tidak  dapat  memenuhi  kewajibannya   sehubungan   dengan  force  majeure  tersebut   harus memberitahukan  secara tertulis  kepada pihak lainnya selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak  mulainya  kejadian  tersebut.  Kelalaian  atau keterlambatan  pihak  yang terkena  force  majeure  dalam memberitahukan  mengenai hal tersebut  sebagaimana dimaksud  pada bagian “FORCE MAJEURE” ini dapat mengakibatkan tidak diakuinya peristiwa dimaksud sebagai force majeure.

(4) Semua kerugian dan biaya yang diderita  oleh salah satu pihak sebagai akibat force majeure tidak menjadi tanggung jawab pihak lainnya.

(5) Jika peristiwa force majeure berkepanjangan hingga 60 (enam puluh) hari kalender atau lebih, maka salah satu dari Para Pihak, dengan pemberitahuan  tertulis kepada pihak lainnya dapat mengakhiri Ketentuan ini tanpa kewajiban-kewajiban lebih lanjut terhadap pihak lainnya yang menyangkut pengakhiran Ketentuan ini, kecuali kewajiban pembayaran yang belum diselesaikan selama Ketentuan ini berlangsung.

HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

(1) Ketentuan ini diatur oleh, tunduk pada, dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.

(2) Dalam hal terjadi perselisihan di antara Para Pihak mengenai pelaksanaan Ketentuan  ini, maka Para Pihak dengan  didasari  itikad  baik  sepakat  untuk  menyelesaikannya  terlebih  dahulu  secara  musyawarah  untuk mufakat.

(3) Jika  dalam  waktu  30  (tiga  puluh)  hari  kalender  sejak  dimulainya  penyelesaian  sengketa  sebagaimana dimaksud butir (2) bagian “HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN” ini tidak tercapai mufakat,  maka  Para Pihak  sepakat  untuk  menyelesaikan  perselisihan  tersebut  melalui  Badan  Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

PEMBERITAHUAN

(1) Semua pemberitahuan  dan surat menyurat di antara Para Pihak sehubungan dengan Ketentuan ini dilakukan secara tertulis dan dianggap telah disampaikan kepada pihak yang bersangkutan bilamana ada tanda terima tertulis.

(2) Pemberitahuan  dan surat  menyurat  sebagaimana  dimaksud  pada butir  (1) bagian  “PEMBERITAHUAN”  ini dialamatkan kepada MERCHANT sebagaimana tertuang dalam Formulir Aplikasi MERCHANT dan/atau

FINARYA:

PT. FINTEK KARYA NUSANTARA

Gedung The Energy, Lt. 21

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53

Jakarta Selatan 12190

Indonesia

Telp.             : 021-27887850

(3) Masing-masing pihak wajib segera memberitahukan

kepada  pihak  lain¬nya apabila  ada perubahan  alamat, nomor  telepon  dan facsimile  melalui pos tercatat, facsimile  atau telepon.  Perubahan  alamat  akan mulai  berlaku  7 (tujuh) hari kalender  setelah  diterimanya pemberitahuan tersebut.

PERTENTANGAN KEPENTINGAN

Para Pihak sepakat bahwa pihak yang melakukan penandatanganan atas Ketentuan ini atau pemilik dari MERCHANT itu bukan (i) anggota  Dewan Direksi atau anggota  Dewan Komisaris  FINARYA (ii) karyawan/wati FINARYA (iii) saudara, suami, istri, ipar dari karyawan/wati,  Direktur, Komisaris FINARYA atau keadaan lain yang dapat menimbulkan pertentangan kepentingan.

LARANGAN PEMBERIAN HADIAH DAN KOMISI

MERCHANT atau perwakilannya atau agent, atau affiliasi dari MERCHANT tidak diperkenankan mengikatkan atau mencoba melakukan pemberian hadiah atau komisi kepada pegawai FINARYA.

LAIN-LAIN

(1)    Ketentuan ini tidak dapat dialihkan oleh salah satu pihak ke pihak ketiga lainnya tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak lainnya. Setiap usaha salah satu pihak untuk mengalihkan suatu hak, tugas dan kewajibannya sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Ketentuan ini tanpa persetujuan dari pihak lainnya secara tertulis adalah tidak sah.

(2)    FINARYA dapat mengubah Ketentuan ini secara sepihak. Setiap perubahan atas Ketentuan ini, termasuk tetapi tidak terbatas  pada perubahan / perpanjangan  Jangka Waktu Kegiatan sebagaimana  diatur dalam bagian “JANGKA WAKTU KEGIATAN” ataupun  pengakhiran  sebagaimana  diatur  dalam bagian “PENGAKHIRAN” akan diberitahukan  secara tertulis oleh FINARYA kepada MERCHANT dalam bentuk dan melalui sarana apapun (termasuk secara elektronik).

(3)   Pemberitahuan secara tertulis sebagaimana dimaksud pada butir (2) bagian “LAIN-LAIN” ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan ini.

SYARAT KHUSUS MERCHANT

MERCHANT berkewajiban  untuk  tunduk  dan  mengikuti  ketentuan  tata  cara  serta  seluruh  ketentuan  yang ditetapkan oleh FINARYA serta syarat-syarat serta aturan lain yang berhubungan dengan layanan LinkAja.

HAK DAN KEWAJIBAN MERCHANT

(1) MERCHANT berhak menerima pembayaran atas transaksi berhasil yang dilakukan oleh Pengguna, sebagaimana diatur dalam Ketentuan ini.

(2) MERCHANT berhak mendapatkan akses untuk melihat report transaksi berhasil di Fasilitas yang dikelola oleh

MERCHANT melalui media web FINARYA.

(3) MERCHANT berhak untuk mendapatkan informasi mengenai tata cara penggunaan layanan LinkAja.

(4)  MERCHANT berkewajiban  untuk menyediakan  infrastruktur  untuk   menghubungkan  sistem Host FINARYA dengan sistem milik MERCHANT.

(5)  MERCHANT berkewajiban  menyediakan   informasi  yang valid kepada FINARYA berkaitan dengan produk, jasa, atau tagihan  yang hendak dibayarkan menggunakan LinkAja dalam Ketentuan ini.

(6)   MERCHANT berkewajiban  untuk  dapat  menjaga  platform  dan  juga  koneksi  kepada  FINARYA selama Ketentuan ini berlangsung.

(7)  MERCHANT wajib merahasiakan segala keterangan  dan data yang terdapat  pada transaksi  ini, termasuk namun tak terbatas pada data transaksi dan pelaku pembayaran.

(8)  MERCHANT wajib  memastikan  ketersediaan  produk  atau jasa di fasilitas  MERCHANT kepada  pengguna LinkAja yang berkeinginan untuk melakukan Transaksi LinkAja dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Ketentuan ini dan tanpa biaya-biaya tambahan lainnya dalam bentuk apapun selain yang disebutkan dalam Ketentuan ini.

(9)  MERCHANT  wajib   memastikan   bahwa  produk,   jasa,  atau  tagihan   yang  diselenggarakan   di  fasilitas MERCHANT bukan merupakan barang illegal yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

MERCHANT wajib menyelesaikan transaksi pembayaran produk, jasa, atau tagihan seketika sehingga tidak merugikan hak pengguna LinkAja yang melaksanakan transaksi.

(10) MERCHANT wajib mematuhi dan mentaati dengan sebagaimana mestinya peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada, peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan konsumen dan perundang-undangan mengenai anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU – PPT), dan wajib untuk tidak bekerjasama dengan pelaku tindakan merugikan baik yang baru terduga maupun sudah terbukti.

(11) MERCHANT wajib mematuhi ketentuan tarif yang berlaku, sehingga tidak membebani pelaku pembayaran menggunakan LinkAja dengan biaya-biaya tambahan.

(12) MERCHANT wajib menjaga dan memelihara dengan baik atas alat/terminal penerimaan pembayaran layanan LinkAja milik FINARYA dan/atau Mitra FINARYA yang diimplementasikan  di jaringan/kantor/outlet milik MERCHANT.

(13) MERCHANT wajib menunaikan kewajibannya kepada Pengguna terkait Transaksi Berhasil termasuk namun tidak terbatas pada penyerahan Produk MERCHANT, pemberian jasa, atau pelunasan tagihan.

(14) Apabila MERCHANT menyelenggarakan fasilitas penambahan saldo LinkAja Pengguna (cash-in), maka

MERCHANT wajib:

a. Menjalankan prosedur pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme yang ditetapkan FINARYA dari waktu ke waktu;

b. Menempatkan dana deposit dan syarat administratif lainnya yang ditetapkan FINARYA;

c. Tidak membebankan biaya pada Pengguna selain yang ditetapkan FINARYA;

d. Menjaga kerahasiaan data Pengguna sesuai prosedur yang ditetapkan FINARYA.

HAK DAN KEWAJIBAN FINARYA

(1)  FINARYA berhak  untuk  mendapatkan  pembagian  Fee dari Transaksi Berhasil  yang dilakukan  Pengguna, sebagaimana diatur dalam Ketentuan ini.

(2) FINARYA  berhak  untuk  mendapatkan   semua  keterangan  dan  kerjasama  yang  diminta   oleh  FINARYA sehubungan dengan investigasi dan Tindakan-tindakan sehubungan dengan penggunaan dan/atau penyalahgunaan data atau informasi mengenai LinkAja.

(3) FINARYA berhak untuk menghentikan  koneksi dari sistem LinkAja FINARYA ke Peralatan milik MERCHANT secara sewaktu-waktu dengan pemberitahuan  terlebih  dahulu kepada MERCHANT dengan alasan-alasan tertentu misalnya karena adanya indikasi fraud.

(4) FINARYA berkewajiban untuk melakukan pembayaran kepada MERCHANT atas Transaksi Berhasil yang telah dilakukan, yang memenuhi ketentuan dalam Ketentuan ini.

(5) FINARYA berkewajiban  untuk  memberikan  layanan  dengan  menyediakan  jaringan  yang  maksimal  untuk Transaksi yang dilakukan Pengguna.

(6) FINARYA berkewajiban  untuk  menyediakan  informasi  dan  tata  cara  operational  dan  prosedur  mengenai layanan LinkAja, berdasarkan atas permintaan dari MERCHANT dan/atau atas kebijakan FINARYA.

(7) FINARYA berkewajiban untuk menjamin terbukanya akses untuk menyambungkan Host FINARYA dengan Host MERCHANT.

(8) FINARYA berkewajiban untuk melakukan maintenance terhadap platform selama Ketentuan ini dilaksanakan.

(9) FINARYA berkewajiban  untuk  mendapatkan  dan menyalurkan  informasi  tagihan  Pengguna yang valid dan benar kepada FINARYA dan merahasiakan segala keterangan dan data yang terdapat pada Transaksi

(10) FINARYA berkewajiban untuk menyediakan, mengoperasikan  dan memelihara Fasilitas dan perangkat pada jaringan FINARYA untuk terselenggaranya layanan LinkAja.

(11) FINARYA wajib  memberikan  edukasi  dan pembinaan  secara  berkala  kepada  MERCHANT termasuk  jika terdapat jenis, nama yang berbeda, pengembangan, dan/atau penambahan Fasilitas baru LinkAja.

(12) FINARYA berhak mengumumkan,  memberikan, atau bertukar informasi  tentang MERCHANT kepada pihak lain dalam hal MERCHANT melakukan tindakan merugikan, termasuk namun tak terbatas pada bekerja sama dengan  fraudster.

X

Menu

WhatsApp Chat di Whatsapp